Curiosity Tangkap Gambar 'Egg Rock' Metal di Mars

CALIFORNIA – Rover Curiosity Badan Antariksa Amerika Serikat NASA diluncurkan untuk misi ke Mars pada November 2011, tapi tidak pernah menemukan meteorit metal aneh berada di sana.

Diwartakan Daily Mail, Kamis (3/11/2016) saat memanjat lereng curam Mars Mount Sharp awal pekan ini, rover menemukan sebuah meteorit logam kecil dengan beberapa karakteristik yang membingungkan. Dengan menggunakan ChemCam Remote Micro-Imager, jarak jauh, dan kamera rover yang dipandu laser, Curiosity menangkap beberapa rinci close up dari benda aneh.

Meteorit metal dijuluki oleh para ilmuwan NASA sebagai ‘Egg Rock’. Para ahli dari Arizona State University menunjukkan, objek tersebut terbuat dari nickel iron, panduan logam yang ditemukan di inti planet dan digunakan untuk membuat sesuatu yang special dan baterai tahan lama.

Para ilmuwan menyimpulkan, meteorit metal kemungkinan berasal dari inti planet kerdil, planet kecil ditempa oleh penggumpalan volume besar debu kosmik. Meteorit ini mungkin mengalami kecelakaan mendarat ke Mars dari sabuk asteroid yang membentuk bagian sistem tata surya dan berada di antara orbit Mars dan Jupiter.

Curiosity mempelajari batuan yang tak terhitung jumlahnya dan asteroid di permukaan Mars dalam lima tahun pertama di sana. Ia juga bertugas menjelajahi permukaan Mars dengan mengambil foto rinci dan sampel tanah untuk menguji planet untuk potensinya menjadi tuan rumah kehidupan mikroba alien. Akan tetapi, itu tidak pernah terlihat sesuatu seperti gambar terbarunya ini.

“Mars akan menjadi tempat yang bagus untuk mencari meteorit. Ini bukan meteorit pertama ditemukan oleh rover di Mars, dan tidak akan menjadi yang terakhir. Dalam beberapa cara, Mars adalah surga pemburu meteorit,” tulis Deborah Byrd untuk EarthSky.

Meteorit bisa bertahan selama jutaan tahun di planet merah karena atmosfer kekurangan oksigen dan kelembaban. Metal menyelimuti meteorit artinya mereka ekstra tahan lama, dan mampu bertahan dalam kondisi sulit ekstrim ketika memasuki atmosfer Mars pada kecepatan tinggi.

Atmosfer Mars sangat tipis, sehingga puing-puing yang tersebar di permukaan Planet Merah. Hal ini membuat siapa pun menduga berapa lama meteorit logam aneh berada di sana.

Source

Artikel lain yang patut anda baca:

Pencarian yg berkaitan dengan artikel ini:

foto berbagai macam dan bentuk meme