DTEK60, BlackBerry Android dengan RAM 4GB

Liputan6.com, Jakarta – Rumor mengenai smartphone Android terbaru dari BlackBerry akhirnya terjawab sudah. Perusahaan asal Kanada itu baru saja resmi memperkenalkan DTEK60 sebagai penerus DTEK50.

Sama seperti kabar yang beredar sebelumnya, smartphone ini memiliki fitur dan spesifikasi yang lebih baik dari pendahulunya. Namun desain DTEK60 tak berbeda jauh dari DTEK50 yang mengacu pada Alcatel Idol 4S.

Smartphone berlayar quad HD 5,5 inci ini dibekali dengan frame metal, membuat smartphone ini lebih apik dibandingkan DTEK50. Belum lagi desain panel dual-glass membuat desain ponsel makin menarik.

Dikutip dari The Verge, Rabu (26/10/2016), BlackBerry menyematkan chipset Snapdragon 820 yang didukung RAM 4GB.

DTEK60 dibekali baterai 3000mAh dengan fitur Quick Charge 3.0, port USB Type C, dan pemindai sidik jari di bagian belakang.

Untuk urusan software, smartphone ini sudah menjalankan Android 6.0 Marshmallow dan ada kemungkinan akan mendapat pembaruan ke Android 7.0 Nougat. Aplikasi bawaan BlackBerry, seperti Hub, Calendar, dan keyboard juga tersedia di DTEK60.

BlackBerry menyebut, smartphone ini lebih aman ketimbang Android kebanyakan, sebab perusahaan itu telah membenamkan fitur secure bootloader, Hardware Root of Trust, aplikasi DTEK, serta pembaruan yang lebih cepat untuk security patch.

Setelah diperkenalkan, smartphone ini sekarang sudah tersedia dan dapat dipesan langsung melalui situs BlackBerry. DTEK60 sendiri dibanderol dengan harga US$ 499 atau sekitar Rp 6,4 juta.

Kehadiran smartphone ini disebut sebagai cara BlackBerry untuk melanjutkan transisi perusahaan yang tengah dilakukan saat ini. Sebagai informasi, saat ini perusahaan itu lebih memilih menjual lisensinya ke perusahaan lain ketimbang mengembangkan smartphone secara mandiri.

Pun demikian, untuk DTEK60 sendiri BlackBerry menuturkan pihaknya masih ikut campur tangan dalam hal spesifikasi maupun desain.

Hal serupa belum tentu ditemui di perangkat selanjutnya karena sudah dikerjakan sepenuhnya oleh perusahaan rekanan. 

(Dam/Isk)

Source

Artikel lain yang patut anda baca: