Kelainan Unik Kupu-Kupu Separuh Jantan dan Betina

JAKARTA – Tahukah Anda bahwa kupu-kupu bisa lahir sebagai separuh jantan sekaligus betina? Kondisi ini sangat langka terjadi namun unik.

Kupu-kupu separuh jantan dan betina terjadi karena kelainan kromosom XX yang seharunya menjadi betina tetapi embrionya kehilangan kromosom Y sehingga tampil separuh seperti kupu-kupu jantan. Kupu-kupu tersebut mengalami kelainan yang disebut bilateral gynandromorphism.

Kelainan tersebut terjadi ketika dua sperma memasuki satu telur yang sama. Salah satu sperma bercampur menjadi nucleus di telur dan serangga betina berkembang. Sperma lain juga ikut berkembang tanpa set kromosom di dalam telur.

Hasilnya, kedua sperma tetap tumbuh dalam tubuh yang sama dan steril. Kelainan ini tidak hanya bisa terjadi kepada kupu-kupu tetapi juga burung, serangga, dan krustasea lainnya di seluruh dunia.

Ggynandromorphisme tidak selalu tampak sempurna. Beberapa hewan mengalami sel yang campur aduk di tubuh mereka bahkan bisa terjadi di satu bulu yang sama di burung. Namun terkadang dia bisa terjadi dengan sangat unik seperti pada kupu-kupu di atas.

Source

Artikel lain yang patut anda baca: