Pemutar Musik iPod Berulang Tahun Ke-15  

Senin, 24 Oktober 2016 | 14:40 WIB

Pemutar Musik iPod Berulang Tahun Ke-15  

Souvenir iPod Shuffle 2 gigabyte yang dibagikan ke para tamu resepsi pernikahan anak Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi di Hotel Mulia, Jakarta, Sabtu 15 Maret 2014. Nurhadi membagikan sekitar 3.000 iPod untuk tamu undangan. Istimewa

TEMPO.CO, Jakarta – Apple tahun ini merayakan ulang tahun ke-15 perangkat musik portabel milik mereka. Perangkat bernama iPod resmi berumur berulang tahun pada Minggu, 23 Oktober 2016.

iPod adalah cikal bakal ponsel pintar paling menarik, iPhone, milik Apple. Perangkat iPod disebut-sebut mengubah tampilan pemutar musik MP3 untuk selamanya, seperti dilansir melalui Phonearena.com, Senin, 24 Oktober 2016.

Sejak kehadiran iPod, Apple menjadi perusahaan produk konsumen besar dan bukan hanya perusahaan produk komputer untuk industri yang pangsa pasarnya statis.

Kehadiran iPod juga semakin sukses setelah perusahaan pada 2003 meluncurkan aplikasi iTunes pada April. Aplikasi musik iTunes tersebut membuat pemilik iPod dapat membeli lagu secara cepat, menambah koleksi lagu di pemutar musiknya, dan mempermudah proses sinkronisasi musik dari iPod ke komputer desktop.

Pengembangan dari kehadiran iPod dan iTunes, Apple kemudian meluncurkan ponsel iPhone. Pengembangan dari pemutar musik portabel yang kemudian sekaligus menjadi ponsel pintar.

iPhone resmi diluncurkan pada Januari 2007. Steve Jobs menyebut iPhone sebagai iPod terbaik dengan fitur layar sentuh dan sampul album yang bisa digeser.

Di usianya yang ke-15, kehadiran pemutar musik iPod telah banyak diganti oleh ponsel pintar.

iPhone bahkan bukan ponsel pertama yang bisa menjalankan fungsi iPod. Sebelum iPhone, integrasi dengan iTunes pernah ditanamkan pada perangkat ponsel Motorola ROKR E1 yang diperkenalkan oleh Steve Jobs.

PHONE ARENA | MAYA NAWANGWULAN

Source

Artikel lain yang patut anda baca: