Rutin Periksa Gigi Bisa Pangkas Risiko Pneumonia

Liputan6.com, New York- Rutin memeriksakan gigi enam bulan sekali rupanya tak hanya membuat gigi dan mulut Anda sehat. Kebiasaan tersebut bisa menurunkan risiko sakit pneumonia. Mengapa bisa begitu?

Dalam studi yang dilakukan peneliti dari Amerika Serikat menyebutkan dengan rutin mengecek dan membersihkan gigi ke dokter gigi bisa mengurangi bakteri berbahaya di mulut sehingga risiko terkena pneumonia pun berkurang.

Menurut asisten profesor penyakit dalam Virginia Commonwealth University, Amerika Serikat, Michelle Doll, di dalam tubuh ada banyak mikroba termasuk bakteri, jamur, dan virus. Namun sebagian besar mikroba tersebut tidak berbahaya, bahkan ada beberapa yang memiliki manfaat.

agen bola

Tidak menutup kemungkinan ada mikroba berbahaya. Namun dengan rutin membersihkan dan mengecek ke dokter gigi bisa mengurangi bakteri berbahaya yang masuk dari mulut, seperti diungkapkan Doll.

“Kita memang tidak bisa menyingkirkan bakteri di mulut sama sekali, namun menjaga kebersihan gigi dan mulut yang baik bisa mengurangi jumlah bakteri di sana,” kata Doll seperti mengutip laman Time, Rabu (2/11/2016).

Berdasarkan analisis data terhadap 26.000 orang ini, Doll pun menyarankan untuk rutin memeriksakan gigi dan mulut setiap enam bulan sekali. Gigi pun jadi bersih, Risiko terkena pneumonia pun berkurang.

Pneumonia merupakan penyakit karena infeksi bakteri, ditandai dengan pembengkakan jaringan di paru-paru dan berefek merusak jika tidak cepat diobati. Gejala pneumonia sering sulit dikenali karena mirip dengan penyakit lain.

Pneumonia diawali dari batuk, pilek dan demam. Lalu timbul radang saluran pernafasan bagian atas (salesma). Dari salesma inilah radang kemudian berkembang ke paru-paru, sehingga disebut pneumonia.

Source link

Artikel lain yang patut anda baca: