Teknologi Microsoft Ini Membuat Chrome Lebih Cepat

Rabu, 02 November 2016 | 04:05 WIB

Teknologi Microsoft Ini Membuat Chrome Lebih Cepat

Kantor Google Chrome. Theverge.com

TEMPO.CO, San Francisco – Kecepatan adalah salah satu cara di mana Google dapat membuat Chrome lebih menarik bagi pengguna Windows dalam menghadapi persaingan dengan browser Windows 10 Edge dari Microsoft.

Dalam upaya terbarunya untuk membuat Chrome lebih cepat, Google beralih pada implementasi teknologi Profile Guided Optimization (PGO) dari Microsoft untuk memotong waktu buka halaman tab baru Chrome hingga 14,8 persen, memotong waktu buka halaman sebesar 5,9 persen, dan memotong waktu start-up 16,8 persen.

Perbaikan kecepatan berbasis PGO ini tersedia dalam Chrome on Windows 64-bit sejak versi 53, yang dirilis Google pada akhir Agustus, dan versi 54 untuk Chrome 32-bit yang dirilis minggu ini.

agen bola

PGO adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan kompiler dengan mengidentifikasi fungsi dari sebuah program yang lebih sering atau kurang sering dilaksanakan selama beroperasi.

Tidak jelas apakah ini adalah pertama kalinya Google telah menggunakan alat ini untuk meningkatkan Chrome di Windows, tetapi ini bermanfaat bagi proyek software besar seperti Chrome, yang memiliki lebih dari satu juta fungsi dalam kode programnya.

Google juga sedang menggarap peningkatan konsumsi daya dan memori Chrome. Chrome 55, yang dirilis pada bulan Desember, akan memiliki mesin JavaScript V8 yang dalam pengujian awal menunjukkan dapat memberikan pengurangan besar dalam penggunaan memori.

Baca:
Aplikasi Mobile yang Mudahkan Wisatawan Jelajahi Seoul
Ada Google Assistant di Ponsel Pixel, Ini Kemampuannya
Apple Tunjuk Foxconn Garap Modul Pengisian Daya Nirkabel

Menurut Sébastien Marchand dari Google, optimasi memori itu juga membantu memberikan perbaikan kinerja secara keseluruhan di Chrome. Hal ini dilakukan dengan memindahkan fungsi yang jarang digunakan dari yang sering digunakan.

“Hal ini menyebabkan penggunaan yang lebih optimal dari cache instruksi CPU dengan menghindari caching kode yang jarang digunakan, sehingga meningkatkan kinerja secara keseluruhan,” kata Marchand.

ZDNET | ERWIN Z

 
Source

Artikel lain yang patut anda baca: